Nama Sekolah : SMK Cokroaminoto Wanadadi
Program Keahlian :
Teknik Komputer dan Jaringan
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan TKJ
Kelas / Semester : XI / III
Pertemuan : 5-7
Alokasi Waktu : 30 x 45 menit
Kode Mata Diklat
: KK.09
Standar Kompetensi
|
Melakukan instalasi perangkat jaringan lokal (LAN)
|
Kompetensi Dasar
|
Membuat disain awal jaringan
|
Indikator
|
1. Persyaratan klien pengguna
ditinjau ulang dan persyaratan jaringan LAN diidentifikasi.
2. Diagram jaringan fisik LAN
dikembangkan sesuai persyaratan
pengguna
3.
Tipe-tipe terminal dan
penempatannya, prosesor-prosesor, protokol yang diperlukan dan arsitektur
jaringan LAN ditentukan berdasarkan spesifikasi teknik dan persyaratan
pengguna
|
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa memahami peryaratan segmen klient jaringan
b. Siswa dapat Memilih peralatan/ komponen jaringan secara teliti
c. Siswa dapat Mengidentifikasi jenis-jenis topologi jaringan (Berdasarkan
fisik dan berdasarkan logical)
d. Siswa dapat Membuat topologi dan
memilih perangkat jaringan sesuai dengan fisik dan kondisi lokasi
e. Siswa dapat Menguraikan tipe-tipe
terminal dan penempatannya
B. Materi Pembelajaran
a.
Persyaratan segmen klient jaringan
b.
Jenis perangkat LAN dan perluasannya
c.
Fungsi perangkat LAN dan perluasannya
d.
Topologi Jaringan
e. Persyaratan keselamatan kerja
C. Metode Pembelajaran
a. Penugasan dengan pembagian kelompok pratik
b. Penilaian dengan pengamatan
c. Tugas kirim melalui email
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ke
|
Indokator
|
Langkah –
langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
Aspek PBKB
& Kewirausahaan yang dikembangkan
|
1
|
1.
Persyaratan klien pengguna
ditinjau ulang dan persyaratan jaringan LAN diidentifikasi.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
||
1. Apresiasi
·
Berdoa bersama
·
Guru mengecek kehadiran siswa dan memberikan pembinaan
·
Guru menyampaikan indikator pembelajaran pada pertemuan
hari ini
·
Guru menjelaskan tentang strategi pembelajaran serta
cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari
|
1. Relegius
2. Disiplin 3. Jujur 4. Tanggung jawab 5. Demokrasi |
|||
2. Motivasi Guru
·
Guru memberikan ilustrasi tentang, membuat disain awal
jaringan
|
1. Mandiri
2. Kerja keras
|
|||
Kegiatan Inti
|
||||
1.
Eksplorasi
·
Guru Menjelaskan materi pelajaran instalasi perangkat
jaringan.
·
Guru menerangkan komponen-komponen Perangkat jaringan
·
Guru menerangkan instalasi perangkat jaringan sesuai
dengan kebutuhan LAN
|
1. Religius 2. Gemar membaca 3. Rasa ingin tahu 4. Demokratis 5. Kreatif |
|||
2.
Elaborasi
·
Peserta didik melakukan diskusi secara kelompok
membahas tentang :
·
Kelompok 1.
Membahas tentang Identifikasi kebutuhan LAN
·
Kelompok 2. Membahas cara kerja Perangkat jaringan
·
Secara bergiliran masing–masing mempresentasikan hasil
diskusinya.
·
Siswa yang lain menanggapi dan membahasnya.
·
Guru sebagai fasilitator dan memandu jalannya diskusi.
|
1. Religius
2. Gemar membaca 3. Rasa ingin tahu 4. Tanggung jawab 5. Disiplin 6. Kreatif 7. Kerja sama 8.Menghargai prestasi 9. Demokrasi |
|||
3.
Konfirmasi
·
Guru meminta kepada siswa untuk melakukan refleksi
tentang pengetahuan baru apa yang telah diperoleh selama proses pembelajaran.
·
Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi.
|
1. Kreatif
2. Mandiri
3. Disiplin
4. Tanggung Jawab
|
|||
Penutup
·
Guru melakukan pos test untuk menggukur sejauh mana
proses pembelajaran telah terlaksana.
·
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru untu
pembahasan minggu berikutnya
|
1. Kreatif
2. Kerja keras
3. Disiplin
4. Madiri
5. Jujur
6. Tanggung jawab
|
|||
2
|
2. Diagram jaringan fisik LAN dikembangkan
sesuai persyaratan pengguna
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
||
1.
Apresiasi
·
Berdoa bersama
·
Guru mengecek kehadiran siswa dan memberikan pembinaan
·
Guru menyampaikan indikator pembelajaran pada pertemuan
hari ini
·
Guru menjelaskan tentang strategi pembelajaran serta
cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari
|
·
Relegius
·
Disiplin
·
Jujur
·
Tanggung jawab
·
Demokrasi
|
|||
2.
Motivasi
·
Guru memberikan ilustrasi tentang kebutuhan sumberdaya
LAN, desanin LAN. Untuk memotivasi siswa.
|
·
Relegius
·
Disiplin
·
Jujur
·
Tanggung jawab
·
Demokrasi
|
|||
Kegiatan
Inti
|
||||
1. Eksplorasi
·
Guru Menjelaskan materi pelajaran instalasi perangkat
jaringan.
·
Guru menerangkan komponen-komponen Perangkat jaringan
·
Guru menerangkan instalasi perangkat jaringan sesuai
dengan kebutuhan LAN
|
·
Relegius
·
Disiplin
·
Jujur
·
Tanggung jawab
·
Demokrasi
|
|||
2. Elaborasi
·
Peserta didik melakukan diskusi secara kelompok
membahas tentang :
·
Kelompok 1.
Membahas tentang Identifikasi kebutuhan LAN
·
Kelompok 2. Membahas cara kerja Perangkat jaringan
·
Secara bergiliran masing–masing mempresentasikan hasil
diskusinya.
·
Siswa yang lain menanggapi dan membahasnya.
·
Guru sebagai fasilitator dan memandu jalannya diskusi.
|
·
Relegius
·
Gemar membaca
·
Rasa inggintahu
·
Tanggung jawab
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Kerja sama
·
Menghargai prestasi
·
Demokrasi
·
Toleransi
|
|||
3. Konfirmasi
·
Guru meminta kepada siswa untuk melakukan refleksi
tentang pengetahuan baru apa yang telah diperoleh selama proses pembelajaran.
·
Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi.
|
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Disiplin
·
Tanggung Jawab
|
|||
Penutup
-Guru meminta kepada beberapa siswa untuk melakukan
refleksi tentang pengetahuan baru apa yang telah diperoleh selama proses pembelajaran
-Guru melakukan postest
|
1. Kreatif
2. Kerja keras
3. Disiplin
4. Madiri
5. Jujur
6. Tanggung jawab
|
|||
3
|
3.
Tipe-tipe terminal dan
penempatannya, prosesor-prosesor, protokol yang diperlukan dan arsitektur
jaringan LAN ditentukan berdasarkan spesifikasi teknik dan persyaratan pengguna`
|
Kegiatan Pendahuluan
|
||
1.
Apresiasi
·
Berdoa bersama
·
Guru mengecek kehadiran siswa dan memberikan pembinaan
·
Guru menyampaikan indikator pembelajaran pada pertemuan
hari ini
·
Guru menjelaskan tentang strategi pembelajaran serta
cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari
|
·
Relegius
·
Disiplin
·
Jujur
·
Tanggung jawab
·
Demokrasi
|
|||
2.
Motivasi
·
Guru memberikan ilustrasi tentang kebutuhan sumberdaya
LAN, desanin LAN. Untuk memotivasi siswa.
|
·
Relegius
·
Disiplin
·
Jujur
·
Tanggung jawab
·
Demokrasi
|
|||
Kegiatan
Inti
|
||||
1. Eksplorasi
·
Guru Menjelaskan materi pelajaran instalasi perangkat
jaringan.
·
Guru menerangkan komponen-komponen Perangkat jaringan
·
Guru menerangkan instalasi perangkat jaringan sesuai
dengan kebutuhan LAN
|
·
Relegius
·
Disiplin
·
Jujur
·
Tanggung jawab
·
Demokrasi
|
|||
2. Elaborasi
·
Peserta didik melakukan diskusi secara kelompok
membahas tentang :
·
Kelompok 1.
Membahas tentang Identifikasi kebutuhan LAN
·
Kelompok 2. Membahas cara kerja Perangkat jaringan
·
Secara bergiliran masing–masing mempresentasikan hasil
diskusinya.
·
Siswa yang lain menanggapi dan membahasnya.
·
Guru sebagai fasilitator dan memandu jalannya diskusi.
|
·
Relegius
·
Gemar membaca
·
Rasa inggintahu
·
Tanggung jawab
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Kerja sama
·
Menghargai prestasi
·
Demokrasi
·
Toleransi
|
|||
3. Konfirmasi
·
Guru meminta kepada siswa untuk melakukan refleksi
tentang pengetahuan baru apa yang telah diperoleh selama proses pembelajaran.
·
Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi.
|
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Disiplin
·
Tanggung Jawab
|
|||
Penutup
·
Guru meminta kepada beberapa siswa untuk melakukan
refleksi tentang pengetahuan baru apa yang telah diperoleh selama proses pembelajaran
·
Guru melakukan postest
|
1. Kreatif
2. Kerja keras
3. Disiplin
4. Madiri
5. Jujur
6. Tanggung jawab
|
E. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar
1. Alat/Bahan : 1. PC
2. CD Instalasi sistem operasi
3. toolset.
4. Kabel UTP
5. Konektor RJ 45
2. Sumber Belajar : 1. Buku
Manual Jaringan Komputer, Internet, Toolkit
2. Internet
F. Penilaian :
Penilaian dilakukan selama proses
No
|
Ranah Penilaian
|
Indikator yang diukur
|
Aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
Skor nilai
|
Ket
|
|
Teknik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
||||||
1
|
Kognitif
(kemampuan berpikir)
|
1,2,3,4
|
1. Ingatan
2. Pemahama
3. Penerapan
4. Analisis
|
1. Tes tulis
2. Tugas Rkm
|
1. Soal Essay
2. Rangkuman hasil diskusi kelompok
|
30
|
Perorangan
|
2
|
Afektif
(sikap)
|
1,2,3,4
|
Penilaian proses
|
Pengamatan
|
1. Lembar Pengamatan
|
20
|
|
3
|
Psikomotorik
(keterampilan
)
|
4
|
Keterampilan
|
1. Unjuk kerja
|
1. Jobsheet
2. Laporan Praktik
3. Lembar Penilaian
|
50
|
|
Jumlah
|
100
|
Instrumen
1. Penilaian Kognitif
Soal Essay
1. Apa yang dimaksut dengan jaringan broadcast
2. Sebutkan dan jelaskan Jenis-jenis jaringan!!
3. Sebutkan manfaat jaringan bagi perusahaan dan umum !
4. Apa yang disebut dengan jaringan point-to-point
2. Penilaian Afektif
Lembar Pengamatan Proses
No
|
Nama Siswa
|
NIS
|
Aspek Yang Dinilai
|
Nilai Rata-rata
|
Nilai Akhir
|
||||
Kerja Sama
|
Perhatian
|
Partisipasi
|
Cara menyampaikan pendapat
|
Keingintahuan
|
|||||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
|||||||||
4
|
|||||||||
5
|
|||||||||
6
|
|||||||||
7
|
|||||||||
8
|
|||||||||
9
|
|||||||||
10
|
|||||||||
11
|
|||||||||
12
|
|||||||||
13
|
|||||||||
14
|
|||||||||
15
|
|||||||||
16
|
|||||||||
17
|
|||||||||
18
|
|||||||||
19
|
|||||||||
20
|
|||||||||
21
|
|||||||||
22
|
|||||||||
23
|
|||||||||
24
|
|||||||||
25
|
|||||||||
26
|
|||||||||
27
|
|||||||||
28
|
|||||||||
29
|
|||||||||
30
|
|||||||||
31
|
|||||||||
32
|
|||||||||
33
|
|||||||||
34
|
|||||||||
35
|
|||||||||
36
|
|||||||||
37
|
3. Penilaian Psikomotorik
Lembar Pengamatan Praktik
No
|
Nama Siswa
|
NIS
|
Aspek Yang Dinilai
|
Nilai Rata-rata
|
Nilai Akhir
|
||||||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
4
|
|||||||||||
5
|
|||||||||||
6
|
|||||||||||
7
|
|||||||||||
8
|
|||||||||||
9
|
|||||||||||
10
|
|||||||||||
11
|
|||||||||||
12
|
|||||||||||
13
|
|||||||||||
14
|
|||||||||||
15
|
|||||||||||
16
|
|||||||||||
17
|
|||||||||||
18
|
|||||||||||
19
|
|||||||||||
20
|
|||||||||||
21
|
|||||||||||
22
|
|||||||||||
23
|
|||||||||||
24
|
|||||||||||
25
|
|||||||||||
26
|
|||||||||||
27
|
|||||||||||
28
|
|||||||||||
29
|
|||||||||||
30
|
|||||||||||
31
|
|||||||||||
32
|
|||||||||||
33
|
|||||||||||
34
|
|||||||||||
35
|
|||||||||||
36
|
|||||||||||
37
|
KRITERIA KELULUSAN
Aspek
|
Skor (0-10)
|
Bobot
|
Nilai
|
Keterangan
|
Kognitif
|
20
|
Syarat
kelulusan, nilai minimal 75 dengan nilai setiap aspek, minimal 75
|
||
Afektif
|
20
|
|||
Psikomotorik
|
50
|
|||
Nilai Akhir
|
NILAI
KELULUSAN
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Total / Nilai
|
|||
Kognitif
20%
|
Afektif
20%
|
Psikomotorik
50%
|
||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
||||||
14
|
||||||
15
|
||||||
16
|
||||||
17
|
||||||
18
|
||||||
19
|
||||||
20
|
||||||
21
|
||||||
22
|
||||||
23
|
||||||
24
|
||||||
25
|
||||||
26
|
||||||
27
|
||||||
28
|
||||||
29
|
||||||
30
|
||||||
31
|
||||||
32
|
||||||
33
|
||||||
34
|
||||||
35
|
||||||
36
|
||||||
337
|
Wanadadi, 2016
Waka Bidang
Kurikulum Guru
Mata Pelajaran
0 komentar:
Posting Komentar